Browser BookMark-ing atau Google NoteBook-ing . . .

Bila kita memperoleh situs yang menarik dan akan kita kunjungi lagi, biasa kita tekan CTRL-D untuk mem-Bookmarks alamat situs tersebut. Dengan browser bookmarks kita dapat membuat sub-folder sub-folder sesuai kategori agar lebih manageable.

Tapi sayangnya, semakin banyak situs yang kita bookmarks, semakin sulit kita nanti mencari-cari yang dicari🙂 , selain itu ada sayangnya satu lagi. Bookmarks yang sudah anda buat ya tertinggal di komputer tersebut. Bagaimana bila suatu saat pas kita di warnet, atau dimanapun ingin membuka situs tertentu tetapi lupa alamatnya?

Kenapa kita tidak mencoba menu masakan lain?

Gunakan fasilitas dari Google yaitu Google Notebook. Apa kelebihan dari Google NoteBook?

  • Google NoteBook seperti Catatan (notes) tapi tersimpan di Servernya Google. Karena Catatan ini tersimpan di servernya Google, kemanapun anda pergi anda tinggal sign-in ke Google dan membuka Notebook anda.
  • Anda bisa kliping apa saja yang ada di browser saat itu seperti: Alamat URL, posisi Mail (saat anda membuka inbox, terus isinya menarik dan perlu di catat, maka anda tinggal klik tombol Clip), gambar-gambar, dll.
  • Setiap kliping dapat anda tambahkan catatan-catatatan yang perlu.
  • Ada fasilitas Search, sehingga memudahkan pencarian.
  • Satu lagi – Bila anda membolehkan, catatan anda dapat di sharing ke teman yang lain

Bagaimana menginstallnya? Sangat mudah . . .

  • Anda harus sign-in dulu dengan mail account Google anda. Kalau belum silakan mendaftar dulu (gratis). Bila tidak sign-in, maka anda tidak dapat mendownload NoteBook extensionnya
  • Klik disini untuk download extension. Catatan: ini hanya perlu anda lakukan di komputer yang sering anda gunakan. Di komputer lain, seperti misalnya di Warnet, anda membuka memakai browser biasa. Akan muncul halaman Web, anda tinggal klik tomobol warna biru “Agree and Download”.
  • Tunggu sebentar dan ikuti instruksinya.
  • Setelah selesai, anda perlu merestart Browser
  • Setelah restart, anda akan dapat melihat tulisan di POJOK KANAN BAWAH , bertuliskan”Open NoteBook”, ini yang disebut mini NoteBook dari Google.

Silakan lakukan aktifitas surfing seperti biasa, bila ingin membookmarks , mencatat tinggal klik Open NoteBook, dan klik tombol “Clip”, lalu tambahkan catatan yang perlu.

Pada saat anda bepergian dan menggunakan komputer lain, untuk melihat NoteBook anda tinggal ketikkan: http://google.com/notebook.

Selamat mencoba !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s