2 Mata Saya, hidung saya 1, 1 Mulut Saya …

Dua Mata saya hidung saya satusatu mulut saya tidak berhenti makan..Dua tangan saya, yang kiri dan kanan ….Dua kaki saya pakai sepatu baru….Power music

Lagu sederhana yang gampang diingat… dan akan mengingatkan masa kita masih anak-anak.

Tapi disini yang mau kita bahas adalah: kenapa begini kenapa begitu (wah nyanyi lagi). Kenapa Allah menciptakan kita dengan 2 Mata, 2 Telinga tapi bermulut hanya 1. ?

Betapa sekarang kita lihat begitu banyak tuan-tuan Jarkoni (Iso Ujar ra Iso Nglakoni: Bisa Bicara tapi tidak Melaksanakan). Kebenaran dan keadilan diputuskan lebih ke siapa yang lebih pandai merangkai kata. Fakta dikemas untuk alat legitimasi pembenaran Rangkaian kata-kata yang telah disusun dan dipersiapkan.

Sudah tidak lagi berlaku peribahasa “Air Beriak Tanda Tak Dalam”. Orang-orang yang masih memiliki hati, berbicara secukupnya. Kalaupun banyak bicaranya, juga sudah benar-benar dipilih.

Begitu banyak permasalahan kita. Setiap ada kejadian, yang menonjol pertama kali adalah Pertempuran Kata – Kata, saling menghindar, saling memojokkan, semua merasa benar dengan mempersiapkan fakta-fakta yang mendukung masing-masing.

Polusi, inilah salah satu polusi yang cukup berbahaya di kita. Kalau diukur, sudah jauh melewati ambang aman. Polusi dari asap knalpot, asap pabrik hanya berpengaruh di kesehatan badan kita. Polusi Kata-kata lebih parah akibatnya. Pertama akan merusak hati dan Jiwa, dan akhirnya juga merusak badan.

Bayangkan, Allah baru memberi mulut satu saja sudah disalah gunakan seperti ini. Bagaimana kejadiannya bila Allah memberi kita mulut dua telinga satu. Mungkin saja manusia akan semakin bebal.

Allah memberi kita telinga 2, mata 2 dan mulut 1 bermaksud agar kita Lebih banyak mendengarkan, lebih banyak melihat, lebih sedikit bicara (berhati-hati dan di atur bicaranya).

Seperti apakah kita?

About these ads

2 pemikiran pada “2 Mata Saya, hidung saya 1, 1 Mulut Saya …

  1. wah inggih kakang prabu, kulo inggih matur nuwun kaliyan kawruh panjenengan wonten bikinblogger ingkang Moooyy puniko. Langsung to the point gampang dicerna. Suwun – suwun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s